top of page
  • Writer's pictureI Putu Sampurna

SPSS : RAL POLA BERJENJANG

Updated: Aug 24, 2023

Klik

Rancangan Acak Lengkap (RAL) Pola Berjenjang adalah rancangan percobaan dengan materi homogen atau tidak ada variabel pengganggu, rancangan ini sebenarnya merupakan rancangan acak lengkap sederhana (satu faktor) yang diulang dengan cara yang berbeda, cara pengulangan yang berbeda tersebut disebut faktor Tambahan, sedangkan faktor yang dirancang dengan materi yang homogen disebut faktor Utama. Rancangan ini disebut pula Rancanagan Acak Lengkap Spilt-Plot, jika diulang dengan dimensi waktu yang berbedaa maka sering disebut Rancangan Acak Lengkap Pola Split-Time.

Sebagai Contoh :

Seorang peneliti ingin mengetahui perbedaan fertilitas telur ayam Buras yang dipelihara dengan 3 sistem perkandangan yang berbeda, tiap sistem perkandangan diulang atau digunakan 5 buah kandang dan tiap kandang diisi dengan 5 ekor ayam buras betina dan 1 ekor ayam buras jantan, sehingga dalam penelitian ini digunakan 75 ekor ayam buras betina dan 15 ekor jantan. Fertilitas yang diamati sebanyak 3 kali yaitu pada periode peneluran pertama, kedua dan ketiga sebagai faktor tambahan.

Tabel Data Fertilitas Telur Ayam Buras.

Komputer telah siap dengan Program SPSS, Klik Variable View pada pojok kiri bawah, kemudian pada Kolom Name ketik Sistem, Periode, Ulangan dan Fertilitas, pada Kolom Type Numeric, pada Kolom Decimal ketik 0, 0, 0 dan 2, Kolom Label ketik Sistem Pemeliharaan, Periode Peneluran, Ulangan dan Fertilitas Telur (%) seperti tampak pada Gambar Kotak Dialog Variable View

Gambar Kotak Dialog Variable View.

Setelah kolom tersebut dilengkapi, kemudian Klik Data View pada pojok kiri bawah, maka muncul Gambar Kotak Dialog Data View.

Salinlah data Tabel Data Fertilitas Telur Ayam Buras. pada Kolom Sistem, Periode, Ulangan dan Fertilitas seperti tampak pada Gambar Kotak Dialog Data View. yang telah dilengkapi tiap kolomny

Gambar Kotak Dialog Data View

Analisis Ragam.

Analisis Ragam (Analisis Varian ) dilakuakan untuk menguji pengaruh Sistem Pemeliharaan dan Periode Peneluran terhadap Fertilitas telur ayam Buaras, apakah ada pengaruhnya atau tidak. Disamping itu juga untuk mengatahui apakah interaksi antara Sistem Pemeliharaan dengan Periode Peneluran. Uji Duncan dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan fertilitas antara Sistem Pemeriharaan yang berbeda dan Periode Peneluran yang berbeda. Juga dicari batas atas dan bawah mean dengan EM Means dengan Confidence Interval pada taraf 0,05. Prosedurnya sebagai berikut :

Klik Analyze, kemudian pilih Linear Model, Kelik Univariate, maka muncul Gambar Kotak Dialog Univariate..

Klik Fertilitas, pindahkan dengan tanda ►ke Dependent Variable

Klik Sistem Pemeliharaan, pindahkan dengan tanda ►ke Fixed Factor(s)

Klik Periode Peneluran, pindahkan dengan tanda ►ke Fixed Factor(s)

Klik Ulangan, pindahkan dengan tanda ►ke Random Factor(s)

Gambar Kotak Dialog Univariate..

Klik Pos Hoc, pindahkan Simtem Pemeliharaan dan Periode Peneluran ke Pos Hoc Tests for,

Klik Dncan, kemudian klik Continue

Klik EM Means, pindahkan Sistem*Periode ke Dispay Means for.

Klik Continue, kemudia klik Paste, maka diperoleh Gambar Kotak Dialog Syntax

Gambar Kotak Dialog Syntaxa

Klik RUN (tandsegi tiga hijau), maka diperoleh hasil sebagai berikut :



Kesimpulan Analisis Varian :

Sistem perkandangan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap fertilitas telur ayam buras (Lihat Sig. 0,000<0,01).

Periode Peneluran berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap fertilitas telur ayam buras (Lihat Sig. 0,000<0,01).

Tidak terdapat interaksi yang nyata (P>0,05) antara Faktor Utama (system perkandangan) dengan Faktor Tambahan (Periode Peneluran). Liuhat SISTEM*PERIODE Sig. 0,241>0,05

Kesimpulan Uji Duncan :

Fertilitas telur ayam buras Sistem pemeliharaan 1 berbeda nyata (P<0,01) dibandingkan dengan system pemeliharaan 2, sedangkan antara system pemeliharaan 2 dengan 3 tidak berbeda nyata (P>0,05).

Fertilitas Periode peneluran berbeda nyata (P<0.05) antra peride 1 dengan 2 dan 2 dengan 3.. Atau makin lama periode peneluran tejadiA peningkatan fertilitas yang nyata ( P<0.05)


Kia dapat membuat grafik bar untuk sistem pemeliharan dan peride peneluran

Prosedur pembuatan grafiknya adalah sebagai berikut :

Klik Graphs, lalu Klik Bar, pilh dan Klik Simple, Klik Define, maka muncul Gambar Kotak Dialog Define Simple Bar

Gambar Kotak Dialog Define Simple Bar

Tandai atau Klik Other statistic (e,g,mean)

Klik Fertilitas Telur, pindahkan dengan tanda ►ke kotak Variable

Klik Sistem Pemeliharaan, pindahkan dengan tanda ►ke kotak Category Axis Klik OK

Kemudian pada kotak Category Axis Sistem Pemeliharaan diganti dengan Periode peneluran, lalu Klik OK atau Enter, maka diperoleh hasil sebagai berikut :

Komputer telah siap dengan Program SPSS, Klik Variable View pada pojok kiri bawah, kemudian ketik pada Kolom Name ketik Sistem, Periode, SE, BB dan, BA, Type Numeric pada kolom Label ketik Sistem Pemeliharaan, Periode, SE, Batas Bawah dan Batas Atas.

Gambar Kotak Diolog Variable View

Klik Data View, Maka diperoleh Gambar Kotak Diolog Data View, kemudian pindahkan hasil

Estimated Marginal Means, ke Gambar Kotak Dialog Data View. sehingga diperoleh

Gambar Kotak Diolog Data View yang telah lengkap dengan datanya

Gambar Kotak Diolog Data View

Klik Graph, Legacy Dialogs, kemudian pilih dan Klik High Low, Klik Clustered High Low Close, kelik Summaries for Groups of Cases , lalu Klik Define, maka muncul Gambar Define Clustered High-Low-Close Summaries for Groups of Cases.

Pindahkan BA ke kotak High, BB ke kotak Low, Fertilitas (%) ke kotak Close, Sistem Category Axis dan Periode ke Define Cluster bay



Gambar Define Cluster High Low Cluse

Klik OK, maka diperoleh grafik sebagai berikut :



PUSTAKA

  1. Sampurna, I.P., dan T.S, Nindhia. 2008. Analisis Data dengan SPSS dalam Rancangan Percobaan. Penerbit Udayana Press. ISBN: 978–979–8286–40–7. Cetakan 1 Mei 2008.

  2. Sampurna IP, TS Nindhia. 2019. Biostatistika. Penerbit Puri Bagia. https://www.puribagia.com/blog/categories/buku Diterbitkan Online melalui nulisbuku.com/view-profile/90381/l%20Putu-Sampurna

  3. Sampurna, IP. (2019). Aplikasi SPSS Grafik dalam Biostatistika. Penerbit PuriBagia. https://www.puribagia.com/blog/categories/buku. Diterbitkan secara online nulisbuku.com/view-profile/90381/l%20Putu-Sampurna

RAL Berjenjang bisa di copy atau di salin ke Program SPSS


Data RAL Berjenjang
.xlsx
Download XLSX • 10KB

2,219 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page