top of page
  • Writer's pictureI Putu Sampurna

SPSS : Rancangan Acak Kelompok (RAK)

Updated: Aug 24, 2023


Racanagan Acak Kelompok (RAK) adalah rancangan penelitian dengan satu Variabel bebas dan satu variabel pengganggu. Jika skala pengukurannya adalah interval atau rasional dapat dilakukan Analisis Varian dua arah, dengan Uji lanjutan ( POSTHOC ) DUNCAN, LSD dan sebagainya. Bisa juga melakukan Analisis Regresi jika Perlakuan atau variabel bebas kuanditatif.

Contoh Analisis Ragam (Analisis Varian) dilakukan untuk menguji pengaruh perlakuan (jenis Antibiotika) terhadap zona bakteri Koliform, apakah ada pengaruhnya atau tidak, juga untuk mengetahui apakah ada pengaruh waktu pengambilan (Kelompok) terhadap Zona Bakteri koliform. Sedangkan uji setelah analisis ragam diperlukan untuk mengetahui apa ada perbedaan antara nilai mean (rataan) Zona Bakteri koliform antara jenis Antibiotika A, B, C dan D yaitu dengan melakukan uji LSD atau Uji Duncan. Prosedur analisis ragam dan uji rataannya sebagai berikut :

Data Zona Bakteri koliform


Komputer telah siap dengan Program SPSS, Klik Variable View pada pojok kiri bawah, ditunjuk pada Gambar Kotak Dialog Variable View dibawah kemudian ketik pada Kolom Name ketik JA, Kelompok dan Zona, Kolom Type Numeric, kolom Label ketil Jenis Antibiotika, Kelompok dan Zona Bakteri Koliform. Kemudian pada baris 1 (jenis Antibiotika) yaitu kolom Values Klik pada sisi kanannya, maka muncul Gambar Value Labels dalam Gambar Kotak Dialog Variable View .

Ketik angka 1 pada Value dan A pada Value Label, kemudian Klik Add

Ketik angka 2 pada Value dan B pada Value Label, kemudian Klik Add

Ketik angka 3 pada Value dan C pada Value Label, kemudian Klik Add

Ketik angka 4 pada Value dan D pada Value Label, kemudian Klik Add

Kelik OK

Gambar Kotak Dialog Variable View

Klik Data Viw, maka muncul Gambar Kotak Diolog Data View. Lengkapi Gambar Kotak Diolog Data View dengan memindahkan Data Zona Bakteri koliform ke kolom Zona, maka diperoleh Gambar Kotak Diolog Data View yang telah terisi kotak-kotak kolomnya.

Gambar Kotak DiologData View

Klik Analyze, pilih General Linear Model, lalu Klik Univariate, maka muncul Gambar Kotak Dialog Univariete RAK ., seperti tampilan dibawah ini :

Klik Zona bakteri Koliform pindahkan dengan tanda ► ke Dependent Variable

Klik Kelompok pindahkan dengan tanda► ke Fixed Factor(s)

Klik Jenis Antibiotika pindahkan dengan tanda► ke Fixed Factor(s)

Gambar Kotak Dialog Univariete RAK.

Klik Post Hoc, maka muncul Gambar Kotak Dioalog Univaiate Post Hoc :

Klik JA dan pindahkan dengan tanda► ke Post Hoc Tests for

Kemudian Centang Duncan. Klik Continue,

Gambar Kotak Dioalog Univaiate Post Hoc

Klik Continue, Klik Continu, maka kembali ketampilan diatasnya yaitu Gambar Kotak Dialog Univariete RAK. Kemudian klik EM Means, maka muncul Gambar Univari Estimated Margenal Means

Gambar Univari Estimated Margenal Means

Klik Continue, Klik Continu, maka kembali ketampilan diatasnya yaitu Gambar Kotak Dialog Univariete. Klik Paste, maka diperoleh Gambar Kotak Dialog Syntax RAK

Ganbar Kotak Diolog Syntax RAK

Perhatikan : /DESIGN = Kelompok JA

Jika tidak sama, mungkin pada Komputer tertulis :

/DESIGN = Kelompok JA Kelompok*JA, harus diganti

Klik ►(Run Selection) Se untuk mendapatkan hasil analisisnya, maka diperoleh hasil sebagai berikut :


Kesimpulan :

Hasil Analisis Ragam. Kelompok tidak berpengaruh nyata (P>0.05), sedangkan Jenis Antibiotika (JA) berpengaruh sangat nyata (P<0.01)

Hasil Uji DUNCAN

Diameter Zona bakeri Coliform yang diberikan Jenis Antibiotika D nyata (P<0,05) lebih kecil dibandingkan dengan jenis antibiotika yang lain

Diameter Zona bakteri Coliform yang diberikan jenis antibiotika C tidak berbeda nyata (P>0,05) dibandingan dengan jenis antibiotika B.

Diameter Zona bakteri Coliform Jenis Antibiotika A nyata (P<0,05) paling besar dibandingkan dengan diameter zona bakteri Coliform jenis antibiotika yang lainnya

Kita juga dapat melihat perbedaan dimeter zona bakteri Coliform antar jenis antibiotika dengan membuat grafik High Low.

Kita buat ganbar Variable View, berdasarkan hasil Estimated Marginal Means seperti Gambar Variable View High Low dibawah ini :

Gambar Variable View High Low

Klik Data View, maka diperoleh Gambar Data View High Low

Gambar Data View High Low

Klik Graphs, ►Legacy Dialogs, klik High Low, klik Simple High Low Close, pilih Summaries for Groups of Cases, klik Dedine, maka muncl ambar Define Simple High Low Close Sumparate of Separate Variable. Pindah BA ke High, BB ke Low, Mean ke Close dan JA ke CatagoriAxis

Gambar Define Simple High Low Close Sumparate of Separate Variable

Klik OK, maka diperoleh grafik yang telah dimodifikasi sebagi berikut :


Keterangan :

Gambar High-Low yang batas atas berpotongan dengan batas bawah gambar High-Low yang lain menunjukkan tidak berbeda nyata (P>0.05), sebaliknya yang tidak saling berpotongan menunjukkan berbeda nyata (P<0.05).

Kesimpulan grafik adalah terjadi penurunan besar Zona Coliform yang nyata (P<0.05) dari Jenis antibiotikan A ke B, dan C ke D, . sedangkan dari jenis antibiotika B ke C terjadi penurunan yang tidak nyata (P>0.05).

Jadi kesimpulan hasil uji Duncan sama dengan grafi High-Low

PUSTAKA

  1. Sampurna, I.P., dan T.S, Nindhia. 2008. Analisis Data dengan SPSS dalam Rancangan Percobaan. Penerbit Udayana Press. ISBN: 978–979–8286–40–7. Cetakan 1 Mei 2008.

  2. Sampurna IP, TS Nindhia. 2019. Biostatistika. Penerbit Puri Bagia. https://www.puribagia.com/blog/categories/buku Diterbitkan Online melalui nulisbuku.com/view-profile/90381/l%20Putu-Sampurna

  3. Sampurna, IP. (2019). Aplikasi SPSS Grafik dalam Biostatistika. Penerbit PuriBagia. https://www.puribagia.com/blog/categories/buku. Diterbitkan secara online nulisbuku.com/view-profile/90381/l%20Putu-Sampurna

Data Zona Bakteri Koliform untuk RAK bisa dicopy atau disalin ke Program SPSS


Data Zona Bakteri Untuk RAK
.xlsx
Download XLSX • 10KB

11,620 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page