top of page
  • Writer's pictureI Putu Sampurna

SPSS : Rancangan Acak Kelompok Sub-Sampling

Updated: Aug 24, 2023


Jika Rancangan Acak Kelompok (RAK) kelompoknya terbatas dan perlakuannya tidak bias atau tidak mungkin diperbanyak, maka hasil penelitiannya kurang dijamin kekonssistensinya atau sampelnya dianggap kurang banyak, sehingga perlu ditambah sampel pada tiap kelompoknya untuk memperbanyak jumlah sample atau memperbesar derajat bebas galatnya. Rancangan Acak Kelompok dengan melakukan pengulangan pada kelompoknya disebut Rancangan Acak Kelompok Sub Sampling.

Seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh bahan pengawet terhadap pH daging ayam Broiler yang diambil dari dua tempat penjualan karkas ayam Broiler . Untuk tujuan tersebut diteliti 4 macam dosis bahan pengawet yaitu 0, 5, 10 dan 15% dan dilakukan pengulangan sebanyak 5 kali datanya disajikan dalam program SPSS sebagai berikut :

Tabel pH Daging Ayam Broiler.

Memasukkan data melalui Programe SPSS

Komputer telah siap dengan Program SPSS, Klik Variable View pada pojok kiri bawah, ditunjuk pada Gambar Variable View pH Daging Ayam Broiler,. kemudian pada Kolom Name ketik P, Kelompok, Ulangan dan pH, Kolom Type Numeric, pada kolom Label ketil Dosis Bahan Pengawet, Kelompok, Ulangan dan pH Daging Ayam Broiler.

Gambar Variable View pH Daging Ayam Broiler

Klik Data View, maka muncul Gambar Data View pH Daging Ayam Broiler, ketik atau pindahkan Data pada Tabel pH Daging Ayam Broiler ke Gambar Data View pH Daging Ayam Broiler, maka diperoleh Gambar Data View pH Daging Ayam Broiler lengkap dengan datanya.


Gambar Data View pH Daging Ayam Broiler.


Analisis Raqgam.

Analisis Ragam (Analisis Varian ) dilakuakan untuk menguji pengaruh Dosis Bahan pengawet (P) terhadap pH daging ayam broiler, apakah ada pengaruhnya atau tidak, juga untuk mengetahui apakah ada pengaruh Tempat penjualan (Kelompok) terhadap pH daging ayam Broiler. Sedangkan uji setelah analisis ragam diperlukan untuk mengetahui apa ada perbedan mean (rataan) pH daging ayam Broiler antara dosis bahan pengawet yang diberikan, yaitu dengan Uji Duncan. Prosedur analisis ragam dan uji rataannya sebagai berikut :

Klik Analyze , pilih General Linear Model, lalu Klik Univariate, maka muncul Gambar Kotak Diolog Univariate seperti tampilan dibawah ini :

Klik pH Daging Ayam Broiler pindahkan dengan tanda ► ke Dependent Variable

Klik Kelompok pindahkan dengan tanda► ke Rancom Factor(s)

Klik Dosis Bahan pengawewt pindahkan dengan tanda► ke Fixed Factor(s)

Gambar Kotak Diolog Univariate .

Klik Post Hoc pindahkan P ke Post Hoc Tests for, centang Duncan, lalu klok Continue, maka kembali ke Gambar Kotak Diolog Univariate

Klik EM Means, lalu pindahkan P ke Display Means for, klik Continue, maka kembali ke Gambar Kotak Diolog Univariate

Lalu Klik OK.maka diperoleh hasil sebagai berikut :

Kesimpulan Analisis Varian:

Bahan pengawet (P) berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pH daging ayam Broiler (Lihal Sig ,000).

Tempat penjualan karkas (Kelompok) berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pH daging ayam Broiler. Sedangkan galat Sampling (P*Kelompok) tidak nyata (P>0,05) atau Sig=0,191) hal ini berarti sampel daging dalam kelompoknya tidak ada keragaman yang nyata (P>0.05), jadi contoh yang diambil seragam

Kesimpulan dari Tabel Estimated Marginal Means

Antar dosis bahan pengawet pH yang diper oleh tidak ada yang berpotongan antara batas atas dengan batas bawah, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang nyata (P<0.05) antar dosis bahan pengawet.

Komputer telah siap dengan Program SPSS, Klik Variable View pada pojok kiri bawah, kemudian ketik pada Kolom Name ketik P, pH, SE, B dan, BA, pada kolom Type pilih Numeric, pada kolom Label ketik Dosis Bahan Pengawet, pH Daging Ayam, SE, BB dan BA


Gambar Kotak Dialog Variabel View

Klik Data View, maka mumcul Gambar Kotak Dialog Data View, kemudian pindahkan hasil

Estimated Marginal Means, ke Gambar Kotak Dialog Data View.

Gambar Kotak Dialog Data View

Klik Graph, Legacy Dialogs, kemudian pilih dan Klik High Low, Klik Simple, kelik Summaries of Separate Variabe, lalu Klik Define, maka muncul Gambar Define Simple High-Low-Close Summaries of Separate Variabe.

Pindahkan BA ke kotak High, BB ke kotak Low, pH Daging Ayam Broiler ke kotak Close dan Dosis Bahan Pengawet ke kotak Category Axis


Gambar Define Simple High-Low-Close Summaries of Separate Variabe

Klik Ok, maka diperoleh Gambar sebagai berikut :


Kesimpulan grafif diatas menunjukkan semuan batas atas dengan batas bawah merah antar jenis sel darah sel darah merah tidak ada yang berpotongan, hal ini menunjukkan terjadi penurunan pH daging yang nyata (P<0.05), dengan meningkatnya dosis bahan pengawet, namun kecepatannya tidak sama

Kesimpulan hasil uji Duncan:

Kesimpulan terjadi penurunan pH daging ayam Broiler yang nyata (P<0,05) dengan semakin meningkatnya dosis bahan pengawet.

Jadi kesimpulan pada Tabel Estimated Marginal Means sama hasilnya dengan uji Duncan

Analisis Regresi

Analisis Regresi dilakukan untuk mencari bentuk hubungan antara Dosis Bahan Pengawet (P) dengan pH daging ayam Broiler (Y.) Kita perhatikan perlakuan atau dosis bahan pengawet bersifat kuanditatif dengan 4 macam dosis, jadi perlu dilakukan Analisis Regresi dengan derajat polinom maksimun 4-1=3 yaitu :

Persamaan Garis Regresi Diduga : Y = bo + b1P +b2P2 + b3P3 Kita kembali lagi ke data semula yaitu Gambar Data View pH Daging Ayam Broiler.. Klik Graphs, lalu cari Legacy Dioalog►Klik Scatter/Dot.., klik Simple Scatter, Klik Difine, maka muncul Gambar Simple Scatterplot

Gambar Simple Scatterplot

Pindahkan Dosis Bahan Pengawet (P) ke kotak X Axis dan pH daging ayam Broiler ke Y Axis. Klik Ok, maka diperoleh hasil sebagai berikut :

Cari nilai bo, b1, b2, dan b3 dengan jalan melakukan analisis aaregres-korelasi

Klik Analyze, cari Regression ►Curve Estimation, maka muncul Gambar Curve Estimatin Cubic

Gambar Curve Estimatin Cubic

Pindahkan Dosis Bahan Pengawet (P) ke kotak Variable dan pH daging ayam Broiler ke Independent (s), centang Include in equition, Plot Models, Cubic dan Display ANOVA table.

Klik Ok, maka diperoleh hasil sebagai berikut :


Kesimpulan :

Semakin tinggi persentase bahan pengawet yang diberikan maka pH daging ayam Broiler semakin menurun, penurunannya mula-mula cepat kemudin lambat dan akhirnya cepat lagi.

PUSTAKA

  1. Sampurna, I.P., dan T.S, Nindhia. 2008. Analisis Data dengan SPSS dalam Rancangan Percobaan. Penerbit Udayana Press. ISBN: 978–979–8286–40–7. Cetakan 1 Mei 2008.

  2. Sampurna IP, TS Nindhia. 2019. Biostatistika. Penerbit Puri Bagia. https://www.puribagia.com/blog/categories/buku Diterbitkan Online melalui nulisbuku.com/view-profile/90381/l%20Putu-Sampurna

  3. Sampurna, IP. (2019). Aplikasi SPSS Grafik dalam Biostatistika. Penerbit PuriBagia. https://www.puribagia.com/blog/categories/buku. Diterbitkan secara online nulisbuku.com/view-profile/90381/l%20Putu-Sampurna

Data pH Daging Ayam untuk RAK Subsampling bisa dicopy atau di salin ke Program SPSS


Data pH Daging Ayam untuk RAK Subsampling
.xlsx
Download XLSX • 10KB

2,465 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page